Friday, March 18, 2011

Minimnya Bantuan Psikologis bagi Penyintas

Hasil penelusuran Tim Insan Parahita, ketika terjadi longsor selasa, 23/2/2010. Di Perkebunan Teh Dewata,  Desa Tejolaya, Kecamatan Pasir Jambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Serta banjir yang melanda sebagian Bandung. Lokasi kejadian berjarak 60 km dari Kota Bandung dan membutuh waktu 3 (tiga) jam. Sekitar 60 orang warga yang bermukim di sekitar Perkebunan, dilaporkan tertimbun longsoran dan empat di antaranya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Ada sekitar 100 anak yang mengalami “shock” dan kemungkinan ada yang mengalami trauma, ada satu sekolah dasar (SD) yang tertimpa longsor. Sebagain besar masih merasa ketakutan bila ada angin kencang, hujan, suara kendaraan yang keras. Sebagian lagi anak-anak masih sering menangis tiap tengah malam, gelisah dan merasa cemas bila melihat tanah berserakan tanah.

Minimnya bantuan psikologis untuk memulihkan kondisi traumatis pada penyintas, merupakan kondisi yang kerap kita jumpai dimana-mana. So, perlu ada kerja sama kita semua untuk sedikit memberi manfaat bagi sesama.

No comments:

Post a Comment