Monday, June 6, 2011

Gempa Bumi

Gempa bumi, adalah suatu fenomena pergerakan permukaan bumi disebabkan oleh pergerakan yang mengejut di permukaan bumi yang berbatu. Gempa bumi terjasi apabila tenaga yang tersimpan dalam bumi, biasanya di dalam bentuk geseran batu, tiba-tiba terlepas.

Gempa bumi diukur dengan menggunakan alat disebut Skala Richter. Gempa bumi ini dapat dikelompokkan satu hingga sembilan berdasarkan skala Richter. Gempa bumi juga dapat diukur dengan menggunakan ukuran Skala Mercalli. Getaran sering terjadi tetapi tidak semua bisa kita rasakan.
Tenaga ini disalurkan ke permukaan bumi menyebabkan gelombang gempa bumi. Kajian sains mengenai gempa bumi dan gelombangnya dikenali sebagai seismologi (dari perkataan Greek seismos, untuk menggoncang).

Anatomi gempa bumi
Gempa bumi terjadi setiap hari di bumi, namun kebanyakannya adalah kecil dan tidak menyebabkan kerusakan. Gempa bumi kecil juga akan mengiringi gempa bumi besar dan dapat terjadi sebaliknya, ada sebelum atau setelah gempa bumi besar tersebut. Ia disebut gempa susulan.
Ahli seismologi mengkaji bahagian gempa bumi seperti geseran pada garis memanjang yang mengakibatkan gempa bumi, apa yang terjadi pada permukaan bumi, cara tenaga bergerak dari dalam bumi ke permukaan bumi dan menyebabkan kerusakan.

http://ms.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi

No comments:

Post a Comment